April 27, 2013

Tombak Ikan dari Bambu

Menangkap ikan dapat menggunakan berbagai cara. Menagkap ikan dapat dilakukan dengan kail, jaring, peledak, ataupun dengan tangan kosong. Tetapi ketika semua cara di atas tidak dapat dilakukan karena perihal suatu halangan atau kondisi yang tidak mendukung, maka anda dapat melakukannya dengan menggunakan tombak bambu.


Bahan yang diperlukan untuk membuat tombak ikan dari bambu :
  1. Bambu, bahan dasar ini dapat anda pilih pada bambu yang berumur tua, pilihan tua adalah mengenai pertimbangan kekuatan struktur bambu. panjang 2,5-3 meter, dengan panjang ini berpengaruh terhadapa daya jangkau, daya tekan dan keseimbangan lemparan. Tidak terlalu besar(diameter), hal ini akan berpengaruh terhadap control anda pada bambu, yaitu tidak akan terlalu berat untuk menunjang daya refleks anda.
  2. Tali, bahan ini berfungsi untuk mengikat bagian pecahan pada bambu anda dan menjaga mata tombak anda pada posisi stabil.
  3. Ring, cincin ini dapat anda buat menggunakan ruas bambu, cincin ini mempengaruhi lebar antara mata tombak anda, ring dipasang pada bagian dalam pecahan pada tombak.
  4. Pisau, peralatan yang satu ini berfungsi untuk membuat mata tombak yang tajam.

Langkah membuat tombak ikan 
  1. Siapkan bambu anda.
  2. Pecahlah bagian pangkal dari bambu anda. Pilihan pangkal bambu adalah mengenai kekuatan struktur bambu yang pasti lebih kuat dibandingkan bagian ujung bambu.
  3. Ikatlah tali anda pada pangkal hasil pecahan anda, pengikatan ini bertujuan untuk menghindari terjadinya pecahan susulan yang merambat setelah terjadi tekanan pada waktu berburu.
  4. Pasanglah ring anda, untuk men-stabilkan posisinya, maka ring harus diikat dengan kuat.
  5. Setelah dirasa telah cukup, maka langkah selanjutnya adalah membuat mata tombak, anda dapat mulai meruncingkannya, buatlah sebuah tukik pada tiap mata tombak untuk menghindari terlepasnya kembali ikan setelah tertancap.



Ketika anda telah berhasil membuat tombak ikan, belum tentu anda dapat langsung baik ketika menggunakannya, anda hanya perlu terus berlatih. Selamat mencoba...