April 28, 2013

Memilih Pisau yang Baik



Memilih pisau, terutama yang untuk penggunaan outdoor / survival adalah keputusan yang sangat individual. Dan itu keputusan yang harus mengakomodasi pengguna pengalaman, pengetahuan, ukuran, lingkungan dan jenis kegiatan. Mungkin ada pertanyaan lain akan membuat debat lebih energik antara outdoorsmen daripada "apa pisau yang terbaik?" Dan ketika ditanya, kemungkinan untuk menghasilkan wacana panjang tentang metalurgi, desain pisau, ukuran pisau, menangani bahan dan selubung, belum lagi rincian lebih jelas seperti tepi geometri dan ukuran Choil. Hal tersebut pasti akan sangat membingungkan. Tapi pertanyaannya mungkin lebih baik dinyatakan sebagai "Apa pisau yang paling aman dan efektif untuk saya?"


Karakteristik umum pisau survival.


Pepatah lama menyatakan bahwa pisau yang terbaik adalah pisau yang Anda miliki. Tapi secara umum, Anda benar-benar ingin memiliki pisau yang benar-benar tepat, salah satu yang cukup fleksibel untuk melakukan serangkaian beragam tugas dan cukup tahan lama untuk menahan penggunaan yang keras. Tidak harus besar dan berat, umumnya saya pikir 4 "-6" pisau sesuai untuk kebanyakan situasi. Pisau harus tang konstruksi penuh - yaitu, dimana bahan pisau meluas melalui pegangan. Hal ini memberikan kekuatan pisau. Saya pikir desain blade terbaik secara keseluruhan adalah pisau titik drop. Ini desain serbaguna yang sangat efektif untuk sebagian besar tugas lapangan umum dan menawarkan titik kuat. Sebuah pisau titik drop kurang mungkin untuk istirahat pada titik dari titik desain klip yang mendalam lebih umum dari bentuk model  dan gaya pisau berburu tradisional. Berbentuk pendek dengan  klip lurus yang dapat memberikan titik kuat yang sama.




Jenis baja sebagai bahan dasar pisau.
Bagaimana baja diperlakukan perhatian yang sama pentingnya dengan jenis baja. Baja yang terbaik tidak akan benar-benar baik untuk digunakan, mungkin akan lebih buruk dari pada baja berkualitas rendah. baja karbon tetap menjadi favorit klasik survival penggemar pisau karena kekuatan mereka dan karakteristik retensi pada tepi. Tapi, karena baja karbon lebih cenderung karat, pisau ini membutuhkan perawatan ekstra dan perhatian. Namun, baja stainless terbaru akan tahan sama dengan baik dan memerlukan sedikit pemeliharaan dan perawatan jauh lebih sedikit. Secara teknis bukan stainless steel, baja D2 menjadi lebih populer karena ketahanan korosi meningkat dibandingkan dengan baja karbon lainnya, dan penyelenggaraan tepi dan sifat ketangguhan yang ditawarkannya.




Pegangan pisau.

Pegangan harus nyaman untuk stabil dalam posisi apapun, itulah sebabnya mengapa beberapa pisau yang dirancang memiliki alur jari yang mendalam. Pegangan terbaik dirancang untuk memberikan pegangan yang kuat dan menjadi tahan selip, terutama ketika basah. Jika pegangan bertekstur terlalu banyak, hal itu dapat menyebabkan bintik-bintik panas dan lecet  pada penggunaan berat. Sebuah lubang pada pegangan merupakan fitur penting untuk mencegah hilangnya pisau. Anda tidak perlu sengaja kehilangan alat survival yang paling berharga. Selalu gunakan lanyard pergelangan tangan(tali pengikat antara pisau dan tangan) saat bekerja dengan pisau anda di atas air atau di tempat lain, di mana ia mungkin akan jatuh dan membuat anda kehilangan.




Sarung pisau.
Secara tradisional sarung pisau terbuat dari kulit, sekarang  sarung pisau dapat terbuat dari nilon balistik dengan sisipan kaku atau dibentuk dari Kydex atau Concealex dan bentuk dipasang pada pisau yang mereka dukung. Sarung yang tepat harus membuat pisau tetap aman(tidak mudah hilang) serta mampu melindungi Anda dari pisau anda sendiri. Beberapa sarung pisau kini memiliki beberapa pilihan untuk dapat dipasang di rompi, ikat pinggang ataupun tempat lain yang memungkinkan anda untuk menempatkan pisau hampir di mana sesuai keinginan anda. Beberapa selubung memiliki kantong aksesori untuk menyimpan batu asah, multitools atau peralatan penting outdoor dengan muatan lebih kecil.





Pisau lipat.
Pisau lipat merupakan pendamping yang baik dan back-up untuk pisau tetap utama Anda. Namun, banyak orang menggunakan pisau ini sebagai pisau utama, karena mereka tidak dapat membawa pisau tetap mereka dengan berbagai alasan. Tentu saja pisau lipat tidak akan sekuat pisau tetap, karena anda mengandalkannya maka pisau lipat ini yang akan melakukan pekerjaan, pilihlah pisau lipat dengan berkualitas tinggi. Adanya fitur pengunci  pisau adalah suatu keharusan. Pisau non-penguncian dapat menyebabkan cedera yang serius.  Kelemahan fatal  adalah dari pisau lipat adalah ketika anda mungkin memiliki cedera pada satu tangan atau bahkan jika itu tidak terjadi, satu tangan mungkin sibuk dengan tugas penting yang bertepatan dengan kebutuhan menggunakan pisau. secara umum, pedoman yang sama mengenai desain pisau dan baja berlaku tetap gunakanlah pisau dengan tang penuh.




Pisau alat serbaguna/ multi fungsi
Pisau alat serbaguna yang dapat menjadi aset besar untuk seseorang yang mencoba untuk bertahan hidup dan merupakan pisau tetap yang baik. Tetapi sebenarnya pisau ini bukanlah yang terbaik. Karena kegunaan dari peralatan sebaguna tergantung pada jenis, jumlah, ukuran, dan desain pisau dan alat-alat lainnya. Ideal-nya, tujuan peralatan serbaguna ini harus benar-benar tepat, yaitu memiliki kemampuan untuk memotong dengan kuat, menggergaji dengan mudah. Karena pisau alat sebaguna kebanyakan memiliki ukuran yang kecil pada setiap peralatannya, maka secara fungsional kurang efektif. Selain itu, preferensi individu tetap mengambil alih.



Ringkasan
Pisau adalah salah satu alat yang paling penting untuk memiliki di alam liar. Pisau adalah alat yang membantu anda menyelesaikan banyak tugas penting untuk menjaga anda tetap mampu bertahan, membuat perapian, sinyal, mengumpulkan makanan, membangun persiapan, berburu dan banyak lagi. Inilah sebab mengapa banyak para pecinta alam liar memperlakukan pisau mereka dengan sangat baik.