September 07, 2012

Pisau Tulang atau Bone Knife

Pisau adalah peralatan paling fenomenal dalam kehidupan manusia. Tanpa disadari, pisau memiliki makna penting dalam kehidupan manusia. pisau digunakan dalam kehidupan dari dapur hingga militer, peralatan yang mampu menunjang kehidupan dari hal pengisian perut hingga peperangan. 

Pisau dibuat dalam berbagai bentuk, berbagai bahan dan berbagai fungsi. Pisau biasanya memiliki nama sesuai dengan fungsinya -  seperti pisau daging, pisau lipat, pisau ikan, pisau roti, pisau pemotong, pisau pengiris dan pisau dibuat dengan berbagai tingkat ketajaman, dari ketajaman biasa hingga super sharp. Pisau dapat dibuat dari bahan  dasar seperti metal/besi/baja/metal campuran, kayu maupun tulang.


Untuk sesi ini kita akan membahas mengenai pembuatan pisau dengan bahan dari tulang. Pisau jenis ini di gunakan oleh suku-suku pedalaman, mereka menggunakannya untuk bertahan,  berburu dan juga berperang.

Pisau dengan bahan dari tulang adalah salah satu bahan terbaik dalam survival. Bahan tulang merupakan bahan yang dapat lebih tajam dari batu dan lebih kuat dari pada kayu, karena anda dapat saja tidak memiliki bahan dari besi untuk membuat sebuah pisau di hutan. Maka, jika anda beruntung anda dapat saja menemukannya di suatu tempat dan dapat membuatnya, sehingga akan ada manfaat lebih yang menguntungkan.


Bagaimana dan cara membuatnya sebagai berikut;


Bahan dan peralatan yang di perlukan:

  1. Tulang kaki binatang/ tulang rahang binatang
  2. Kayu
  3. Kapak/martil/hammer/batu
  4. Tali
  5. Gergaji besi
  6. Ampelas/penghalus
  7. Lem kuat serbaguna
  8. Pengasah gergaji/kikir/gerenda
  9. Kain halus







Langkah atau cara membuatnya:
  1. Siapkan tulang, baik tulang burung, sapi, kuda, kambing, kerbau, rusa ataupun tulang yang lain. pisau tulang biasanya diambil dari bagian kaki, dapat juga dengan memilih bagian rahang, rahang juga memiliki kepadatan fosfor yang kuat.
  2. Pecahkan tulang dengan menggunakan batu/ hammer dapat juga menggunakan kapak.  Selain dengan cara memecahkannya, kita dapat juga  menggergajinya secara perlahan untuk mendapatkan bentuk yang sesuai. Langkah ke-2 ini bertujuan untuk mendapatkan bentukan tulang yang runcing.
  3. Membentuk bentukan dasar sesuai dengan keinginan, dalam hal ini kita akan membentuk bagian yang tajam atau hanya runcing saja ataupun keduanya.
  4. Selanjutnya anda memasang bagian pegangan/gagang dari kayu atau anda dapat juga membuatnya langsung dari tulang utama dan membungkusnya dengan bahan dari tali kulit binatang. Dalam pembuatan pegangan ini, anda dapat memperkuatnya dengan lem kuat sebaguna agas hasilnya optimal.
  5. Setelah pegangan pisau sudah jadi, maka selanjutnya adalah menajamkannya, anda dapat menggunakan pengasah gergaji/gerenda/kikir untuk hal tersebut.
  6. Akhiri pisau anda dengan menghaluskannya menggunakan ampelas/penghalus supaya tampilannya lebih menarik. sedikit ukiran akan membuatnya lebih baik.


Dengan bahan tulang, anda dapat pula membuat sebuah tombak, tombak dengan kekuatan dan kemungkinan berburu dalam survival anda dapat berhasil.

Dalam membentuk sebuah pisau tulang anda adalah terserah selera anda, semua tergantung imajinasi anda dan kesempatan anda.

Gambar-gambar di atas adalah contoh dari pisau dengan fungsi untuk menusuk, bukan memotong. 

Pola bergerigi berfungsi untuk menggergaji, dibuat secara khusus meniru pola gigi ikan hiu yang memiliki karakteristik ber-efek untuk hasil robekan dan kedalaman terhadap buruan, pola ini merupakan pola ketajaman sejati.