September 05, 2012

Kantor Pusat Pencarian

Markas Pencarian akan berlokasi di sebuah kantor polisi yang ada atau Kantor Pusat dan Pejabat Polisi senior akan menjadi Komandan Search.


TANGGUNG JAWAB KOMANDAN

Tanggung jawabnya meliputi perencanaan keseluruhan, pengorganisasian, sumber daya perakitan, arah dan menguasai personil dan peralatan.

Komandan tersebut harus memerintahkan pencarian secara keseluruhan dan memastikan:
a. penyebaran Markas Pencarian Field dan penunjukan Lapangan Pencarian Pengawas;
b. semua organisasi yang mungkin diperlukan untuk membantu diberitahu;
c. perencanaan ke depan untuk mendapatkan syarat pencarian;
d. organisasi transportasi yang diperlukan;
e. bahwa ambulans / pelayanan medis yang tepat diberitahu;
f. persiapan komunikasi komprehensif berencana untuk menutup seluruh operasi;
g. penyebaran personil dan peralatan untuk Basis Dukungan, atas meminta dari Controller Cari Lapangan;
h. pengangkatan seorang Liaison Officer Media dan seting up dari sebuah Informasi  
Media Centre, dan
i. pengaturan dari Majelis Wilayah jika diperlukan.

Untuk mengaktifkan Panglima Cari untuk memenuhi tanggung jawab dan berkonsultasi dengan perwakilan dari organisasi lain, Markas Pencarian dapat disusun sebagai berikut:

a. Operasi Room
Di ruangan ini, informasi yang bersifat operasional adalah diterima, dikumpulkan dan ditampilkan, dan perintah yang dikeluarkan untuk Layanan penyebaran, dan akibatnya, ruang ukuran yang memadai harus disediakan untuk mengakomodasi Staf Operasi. Sebuah Operasi Room harus memiliki peta skala besar yang meliputi seluruh perusahaan daerah serta peta kecil dari area pencarian. Di peta akan akan diplot informasi setelah diterima. Ini juga akan membutuhkan papan sumber dan pesan file dan log.

b. Komunikasi Pusat-
Untuk mengakomodasi komunikasi peralatan dan menyediakan fasilitas untuk resepsi, pengiriman, pengarsipan dan penebangan pesan, diinginkan harus ada yang terpisah kamar atau divisi untuk radio, telepon dan pemeliharaan. Master mendaftar untuk pesan masuk dan keluar dijaga dalam bagian.

c. Informasi / Media Centre-
Dimanapun sebuah markas Search adalah ditetapkan, akan ada banyak orang mencari dan memberikan informasi dan meminta keterangan. Untuk mengatasi ini, maka akan bijaksana untuk mendirikan sebuah Pusat Informasi, ditandai dengan jelas tapi jarak beberapa dari Markas mana pertanyaan tersebut akan diarahkan. Itu Media Liaison Officer bertanggung jawab untuk briefing media.


Hal ini sudah diatur oleh Komandan pencarian yang bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan seluruh upaya pencarian. Biasanya akan berada di sebuah kantor polisi yang ada atau Mabes Polri, mana yang sesuai.

Markas Pencarian memberikan dukungan efektif terhadap Cari Lapangan Kantor Pusat.

Semua informasi pra-pencarian dievaluasi di Markas Pencarian sebelum melembagakan pencarian. Selama tahap ini, ada bahaya bahwa rumor dan Informasi palsu dapat menghasilkan over-reaksi dan organisasi serta relawan individu untuk memasuki area pencarian dan mengganggu petunjuk.

hal ini menyatakan bahwa jumlah minimum pencari, konsisten dengan efektivitas dan keamanan, kemungkinan besar mengarah pada kesuksesan dalam pencarian daratdan penyelamatan operasi.


TINDAKAN AWAL

Ketika Komandan Search telah membuat keputusan untuk me-mount pencarian, dan Pencarian Lapangan Kantor Pusat dan Basis Dukungan telah dikerahkan untuk area pencarian, ada beberapa tindakan positif yang harus dimulai, karena berikut:

a. Mengatur blok jalan di sekitar daerah pencarian dan untuk membatasi gerakan yang tidak diinginkan ke daerah pencarian.

b. Mengatur Informasi / Media Centre untuk menjawab pertanyaan, dan menjaga informasi publik melalui siaran pers reguler.

c. Waspada, organisasi dan individu yang bantuannya mungkin diperlukan dalam pencarian. Membuat sebuah rencana sebelumnya panggilan-out prosedur yang harus mencapai ini. Sebagai suatu teknik manajemen, disarankan bahwa organisasi yang merupakan bagian dari pencarian dan penyelamatan sumber daya dan yang diidentifikasi sebagai tidak mungkin disebut-out, diberitahu tentang operasi untuk menjaga antusiasme dari organisasi tersebut.

d. Pengiriman personil dan sumber daya peralatan untuk Basis Dukungan, sebagai dan ketika Controller Pencarian Lapangan meminta mereka.


MAJELIS DAERAH

Jika jarak antara daerah pencarian dan Markas Search adalah yang cukup jauh, Komandan Pencarian dapat mengatur Wilayah Majelis terdekat, untuk memastikan bahwa sumber daya itu menuju ke depan untuk Basis Dukungan yang dilengkapi dengan baik.




Selengkapnya untuk Materi Operasi Pencarian di Darat: