September 05, 2012

Kantor Pusat Bidang Pencarian


Apabila mungkin, rumah atau pondok dapat digunakan. Kenyamanan dicapai dengan menggunakan sebuah bangunan, walau akan jauh dari jalan. Briefing tim pencari, pengaturan komunikasi, diperlukan gudang dan peralatan, semua membuat ruang kerja penting. Cocok untuk pencahayaan kerja operasi malam adalah penting.

Tanggung jawab, tugas dan prosedur staf yang rinci dalam Paragraf berikut.


TUGAS KONTROL BIDANG PENCARIAN

a. Controller Pencarian Lapangan ditunjuk oleh Panglima Pencarian dan harus berpengalaman dalam teknik pencarian dan penyelamatan, berpengetahuan dalam hal daerah yang terlibat, dan terampil dalam mengendalikan kegiatan tim pencarian dan personil lapangan. Kontroler biasanya akan menjadi anggota Polri, namun orang lainnya yang cocok dapat ditunjuk untuk posisi ini.


b. Controller Pencarian Lapangan bertanggung jawab untuk:
  1. menetapkan Markas Pencarian lapangan dan Basis Dukungan sebagai dinominasikan   oleh Komandan pencarianari dan mengendalikan semua bidang operasi pencarian
  2. yang tersisa di Markas Lapangan Pencarian seluruh operasi kecuali dinyatakan diarahkan oleh Komandan Pencarian;
  3. mendefinisikan daerah pencarian;
  4. menentukan teknik pencarian dan metode;
  5. menyiapkan jaring komunikasi;
  6. menentukan jumlah tim pencari dan personil yang dibutuhkan dan mengatur, singkat dan pengiriman mereka;
  7. menjamin keselamatan semua personil lapangan;
  8.  mencegah pencari tidak resmi di daerah pencarian;
  9. segera menarik diri setiap orang dari daerah pencarian tidak mematuhi instruksi;
  10. menunjuk Controller Penyelamatan di tempat jika perlu;
  11. cadangan mengorganisir dan kesejahteraan melalui Basis Dukungan;
  12.  menjaga Komandan Pencarian diinformasikan oleh situasi yang biasa laporan (SITREPS) dari kemajuan dan perencanaan operasi;
  13.  memeriksa kembali semua tim pencarian dan peralatan dan deregistration; dan
  14. melakukan pembekalan personil lapangan pada akhir dari operasi.

 Liaison Officer Pencarian
Petugas Penghubung Pencarian biasanya seorang pejabat senior dari organisasi, ditugaskan selama operasi pencarian tertentu, untuk membantu penghubung antara berbagai layanan yang terlibat.

Liaison Officer Media
Komandan Pencarian dapat menunjuk Media Liaison Officer untuk memastikan bahwa semua pernyataan kepada media adalah faktual, menghindari spekulasi pada hasil pencarian, dan tidak mencerminkan pada kinerja organisasi yang terlibat dalam pencarian.

Bila memungkinkan, diangkat harus menjadi Polisi terlatih Media Liaison Officer. Jika seorang perwira-di-charge dari suatu organisasi menjadi didekati oleh media informasi, komentar hanya dapat dilakukan di menghormati keterlibatan YANG organisasi dan harus dibersihkan oleh Cari Komandan sebelum dikeluarkan.