September 01, 2012

Organisasi Pencarian

Operasi Pencarian Di Darat 2


GAMBARAN UMUM

2,01 ORGANISASI
Dalam melakukan pencarian, adalah penting bahwa organisasi benar-benar  terorganisir dan dikendalikan. Waktu yang dihabiskan dalam menilai situasi (pra-pencarian informasi) dan mengorganisir pencarian tidak akan pernah sia-sia. Bahkan, pencarian seharusnya tidak diluncurkan sebelum semua informasi yang telah dinilai.

2,02 LOKASI PENCARIAN
Sebuah insiden pencarian darat dianggap dekat atau sebenarnya ketika:
a. pemberitahuan diterima bahwa seseorang (s) dilaporkan telah melebihi batas waktu tertentu dan ada kekhawatiran tentang keselamatan mereka;
b. insiden dan / atau kecelakaan terjadi di mana keselamatan hidup yang terlibat, dan
c. permintaan bantuan pencarian darat diterima dari pihak berwenang lainnya, misalnya. Pesawat hilang, kecelakaan laut atau benda lainnya.


TANGGUNG JAWAB

2,03 Semua organisasi yang mungkin terlibat dalam operasi pencarian harus
mengakui bahwa otoritas secara keseluruhan dan kontrol ada di tangan polisi.

2,04 Perwira Polisi Senior (Search Komandan),
sementara mempertahankan kontrol atas seluruh operasi, dapat mendelegasikan kewenangan untuk operasi pencarian lapangan untuk orang lain, namun ini akan tergantung pada keadaan setempat. Jika Bidang Controller Pencarian ditunjuk, harus jelas dipahami oleh semua orang yang ditunjuk bertanggung jawab atas pelaksanaan pencarian.

2,05 Setiap organisasi yang terlibat dalam pencarian mempertahankan fungsi perintah sendiri setelah ditugaskan oleh Controller bidang pencarian.


2,06 TAHAPAN

Fase respon berikut berlaku untuk mendarat operasi pencarian dan penyelamatan:
a. Tanda-
Apakah periode ketika diyakini pencarian yang tertunda dan memerlukan peningkatan tingkat kesiapan.
b. Standby-
Apakah periode waspada biasanya berikut ketika Komandan Pencarian percaya bahwa penyebaran untuk pencarian sudah dekat. Personil yang ditempatkan pada siaga siap untuk segera merespon.
c. Call-Out-
Perintah eksekutif untuk me-mount operasi dimana semua personil yang diperlukan untuk menyebarkan.
d. Aksi-
merupakan periode dimana pencarian dan / atau operasi penyelamatan dilakukan.
e. Stand-Down-
Masa ketika Panglima Cari menyatakan bahwa pencarian dihentikan, personil ingat, debriefed dan dirilis.


ORGANISASI

2,07 Untuk mencapai kontrol yang efektif, mungkin perlu untuk mengatur semua, atau beberapa daerah operasional di bawah ini. Jumlah tersebut akan tergantung pada lokasi, ukuran dan skala dari pencarian dan kondisi lokal lainnya. Sebuah lengkap bagan organisasi ditampilkan sebagai Lampiran A untuk bab ini.


2,08 KANTOR PUSAT PENCARIAN

Ini sudah diatur oleh Komandan pencarian yang bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan seluruh upaya pencarian. Biasanya akan berada di sebuah kantor polisi yang ada atau Mabes Polri, mana yang sesuai.

2,09 Markas Pencarian memberikan dukungan efektif terhadap Cari Lapangan Kantor Pusat.

2.10 Semua informasi pra-pencarian dievaluasi di Markas Pencarian sebelum melembagakan pencarian. Selama tahap ini, ada bahaya bahwa rumor dan Informasi palsu dapat menghasilkan over-reaksi dan organisasi serta relawan individu untuk memasuki area pencarian dan mengganggu petunjuk.

hal ini menyatakan bahwa jumlah minimum pencari, konsisten dengan efektivitas dan keamanan, kemungkinan besar mengarah pada kesuksesan dalam pencarian daratdan penyelamatan operasi.


2,11 TINDAKAN AWAL

Ketika Komandan Search telah membuat keputusan untuk me-mount pencarian, dan Pencarian Lapangan Kantor Pusat dan Basis Dukungan telah dikerahkan untuk area pencarian, ada beberapa tindakan positif yang harus dimulai, karena berikut:

a. Mengatur blok jalan di sekitar daerah pencarian dan untuk membatasi gerakan yang tidak diinginkan ke daerah pencarian.

b. Mengatur Informasi / Media Centre untuk menjawab pertanyaan, dan menjaga informasi publik melalui siaran pers reguler.

c. Waspada, organisasi dan individu yang bantuannya mungkin diperlukan dalam pencarian. Membuat sebuah rencana sebelumnya panggilan-out prosedur yang harus mencapai ini. Sebagai suatu teknik manajemen, disarankan bahwa organisasi yang merupakan bagian dari pencarian dan penyelamatan sumber daya dan yang diidentifikasi sebagai tidak mungkin disebut-out, diberitahu tentang operasi untuk menjaga antusiasme dari organisasi tersebut.

d. Pengiriman personil dan sumber daya peralatan untuk Basis Dukungan, sebagai dan ketika Controller Pencarian Lapangan meminta mereka.


2,12 MAJELIS DAERAH

Jika jarak antara daerah pencarian dan Markas Search adalah yang cukup jauh, Komandan Pencarian dapat mengatur Wilayah Majelis terdekat, untuk memastikan bahwa sumber daya itu menuju ke depan untuk Basis Dukungan yang dilengkapi dengan baik.


2,13 KANTOR PUSAT BIDANG PENCARIAN

Ini harus ditetapkan oleh Controller Cari Lapangan di atau dekat area pencarian, karena dari sini Pemimpin pencarian Tim yang akan diberikan pengarahan dan dikontrol selama operasi. Faktor yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan lokasi adalah akses dan komunikasi.


2,14 DUKUNGAN DASAR

Ini bukan bagian dari, tetapi tambahan penting untuk Markas Lapangan Search, untuk memastikan bahwa operasi di lapangan menerima personil yang memadai, administrasi dan dukungan logistik. Ini adalah area di mana semua sumber daya dapat marshalled, terorganisir dan dibawa ke keadaan kesiapan terhadap lapangan persyaratan pencarian. Karena akan ada gerakan besar personil, kendaraan dan peralatan, tidak harus ditempatkan di area pencarian, tapi harus sedekat mungkin ke Markas Lapangan Search.


2,15 KOMUNIKASI 

Suara komunikasi, tidak hanya melibatkan penggunaan telepon dan radio, tetapi sebagai sistem alternatif sebanyak mungkin, harus direncanakan sebelumnya dan diimplementasikan. Persyaratan dasar adalah:
a. antara Markas Cari, Markas Lapangan Pencarian dan Dukungan Basis;
b. antara Markas Cari dan Daerah Majelis (jika diatur);
c. antara Markas Lapangan Search, Tim Pencarian dan Sub- Markas jika perlu, dan
d. antara Markas Pencarian Field dan Basis Dukungan.


2,16 OPERASI- PERSYARATAN, STAF DAN TUGAS

Selama operasi, kantor pusat semua harus dijalankan pada metodis dan sistematis baris. Pada prinsipnya, staf harus disimpan ke minimum dan prosedur dibuat sederhana dan mudah dipahami. Berikut paragraf hanya berurusan dengan persyaratan utama, tanggung jawab dan tugas staf yang harus dilakukan di berbagai daerah.



KANTOR PUSAT PENCARIAN


2,17 LOKASI DAN PERINTAH

Markas Pencarian akan berlokasi di sebuah kantor polisi yang ada atau Kantor Pusat dan Pejabat Polisi senior akan menjadi Komandan Search.

2,18  TANGGUNG JAWAB KOMANDAN
Tanggung jawabnya meliputi perencanaan keseluruhan, pengorganisasian, sumber daya perakitan, arah dan menguasai personil dan peralatan.

Komandan tersebut harus memerintahkan pencarian secara keseluruhan dan memastikan:
a. penyebaran Markas Pencarian Field dan penunjukan Lapangan Pencarian Pengawas;
b. semua organisasi yang mungkin diperlukan untuk membantu diberitahu;
c. perencanaan ke depan untuk mendapatkan syarat pencarian;
d. organisasi transportasi yang diperlukan;
e. bahwa ambulans / pelayanan medis yang tepat diberitahu;
f. persiapan komunikasi komprehensif berencana untuk menutup seluruh operasi;
g. penyebaran personil dan peralatan untuk Basis Dukungan, atas meminta dari Controller Cari Lapangan;
h. pengangkatan seorang Liaison Officer Media dan seting up dari sebuah Informasi  
Media Centre, dan
i. pengaturan dari Majelis Wilayah jika diperlukan.

2,19 Untuk mengaktifkan Panglima Cari untuk memenuhi tanggung jawab dan berkonsultasi dengan perwakilan dari organisasi lain, Markas Pencarian dapat disusun sebagai berikut:

a. Operasi Room
Di ruangan ini, informasi yang bersifat operasional adalah diterima, dikumpulkan dan ditampilkan, dan perintah yang dikeluarkan untuk Layanan penyebaran, dan akibatnya, ruang ukuran yang memadai harus disediakan untuk mengakomodasi Staf Operasi. Sebuah Operasi Room harus memiliki peta skala besar yang meliputi seluruh perusahaan daerah serta peta kecil dari area pencarian. Di peta akan akan diplot informasi setelah diterima. Ini juga akan membutuhkan papan sumber dan pesan file dan log.

b. Komunikasi Pusat-
Untuk mengakomodasi komunikasi peralatan dan menyediakan fasilitas untuk resepsi, pengiriman, pengarsipan dan penebangan pesan, diinginkan harus ada yang terpisah kamar atau divisi untuk radio, telepon dan pemeliharaan. Master mendaftar untuk pesan masuk dan keluar dijaga dalam bagian.

c. Informasi / Media Centre-
Dimanapun sebuah markas Search adalah ditetapkan, akan ada banyak orang mencari dan memberikan informasi dan meminta keterangan. Untuk mengatasi ini, maka akan bijaksana untuk mendirikan sebuah Pusat Informasi, ditandai dengan jelas tapi jarak beberapa dari Markas mana pertanyaan tersebut akan diarahkan. Itu Media Liaison Officer bertanggung jawab untuk briefing media.



KANTOR PUSAT BIDANG PENCARIAN

2.20 Apabila mungkin, rumah atau pondok harus digunakan. Kenyamanan dicapai dengan menggunakan sebuah bangunan, waran akan jauh dari jalan. Briefing tim pencari, pengaturan komunikasi, diperlukan toko dan peralatan, semua membuat ruang kerja penting. Cocok untuk pencahayaan malam operasi kerja adalah penting.

2,21 Tanggung jawab, tugas dan prosedur staf yang rinci dalam Paragraf berikut.


2,22 TUGAS KONTROL BIDANG PENCARIAN

a. Controller Pencarian Lapangan ditunjuk oleh Panglima Pencarian dan harus berpengalaman dalam teknik pencarian dan penyelamatan, berpengetahuan dalam hal daerah yang terlibat, dan terampil dalam mengendalikan kegiatan tim pencarian dan personil lapangan. Kontroler biasanya akan menjadi anggota Polri, namun orang lainnya yang cocok dapat ditunjuk untuk posisi ini.


b. Controller Pencarian Lapangan bertanggung jawab untuk:
(1) menetapkan Markas Pencarian lapangan dan Basis Dukungan sebagai dinominasikan   oleh Komandan pencarianari dan mengendalikan semua bidang operasi pencarian
(2) yang tersisa di Markas Lapangan Pencarian seluruh operasi kecuali dinyatakan diarahkan oleh Komandan Pencarian;
(3) mendefinisikan daerah pencarian;
(4) menentukan teknik pencarian dan metode;
(5) menyiapkan jaring komunikasi;
(6) menentukan jumlah tim pencari dan personil yang dibutuhkan dan mengatur, singkat dan pengiriman mereka;
(7) menjamin keselamatan semua personil lapangan;
(8) mencegah pencari tidak resmi di daerah pencarian;
(9) segera menarik diri setiap orang dari daerah pencarian tidak mematuhi instruksi;
(10) menunjuk Controller Penyelamatan di tempat jika perlu;
(11) cadangan mengorganisir dan kesejahteraan melalui Basis Dukungan;
(12) menjaga Komandan Pencarian diinformasikan oleh situasi yang biasa laporan (SITREPS) dari kemajuan dan perencanaan operasi;
(13) memeriksa kembali semua tim pencarian dan peralatan dan deregistration; dan
(14) melakukan pembekalan personil lapangan pada akhir dari operasi.

2,23 PENCARIAN Liaison Officer

Petugas Penghubung Pencarian biasanya seorang pejabat senior dari organisasi, ditugaskan selama operasi pencarian tertentu, untuk membantu penghubung antara berbagai layanan yang terlibat.

2,24 MEDIA Liaison Officer

Komandan Pencarian dapat menunjuk Media Liaison Officer untuk memastikan bahwa semua pernyataan kepada media adalah faktual, menghindari spekulasi pada hasil pencarian, dan tidak mencerminkan pada kinerja organisasi yang terlibat dalam pencarian.

Bila memungkinkan, diangkat harus menjadi Polisi terlatih Media Liaison Officer. Jika seorang perwira-di-charge dari suatu organisasi menjadi didekati oleh media informasi, komentar hanya dapat dilakukan di menghormati keterlibatan YANG organisasi dan harus dibersihkan oleh Cari Komandan sebelum dikeluarkan.


DUKUNGAN DASAR

2,25 Seperti dijelaskan dalam (2,14) basis dukungan tidak harus ditempatkan di daerah pencarian tetapi harus sedekat mungkin dengan Markas Pencarian Lapangan sebaik mungkin. Jika Markas Pencarian Lapangan terletak di luar pencarian daerah, maka Basis Dukungan dapat collocated. Idealnya itu harus memiliki bangunan untuk menampung Markas, toko dan fasilitas kesejahteraan, kokoh berdiri untuk kendaraan dan ruang kerja. Ini adalah titik masuk ke dalam dan keluar dari area pencarian, dan dengan demikian memiliki peran penting dalam operasional.

2,26 Perlu dipahami dengan jelas bahwa lokasi tersebut BUKAN merupakan titik kumpul bagi semua orang yang mungkin ingin membantu, ini hanya dapat menyebabkan kekacauan. Perannya adalah sepenuhnya operasional, dan hanya harus melibatkan personil dan sumber daya semacam peralatan sebagai Bidang Controller Pencarian yang dibutuhkan.


2,27 PENGENDALIAN TANGGUNG JAWAB DAN KEWAJIBAN STAFF

a. Dukungan Basis Pengawas-
Bertanggung jawab untuk:
(1) Mempertahankan kontak dekat dengan Markas Lapangan Pencarian dan  Markas Pencarian setiap saat;
(2) Pengendalian gerakan masuk dan keluar dari daerah pencarian;
(3) Mencatat nama dan alamat dari semua orang yang terlibat dalam pencarian, serta perincian pada setiap tim pencari;
(4) Mencatat masalah dan pengembalian semua peralatan;
(5) Kesejahteraan, termasuk makanan dan air, pakaian, tempat istirahat dll, untuk  semua personil di lapangan;
(6) Pertolongan pertama dan fasilitas unit kesehatan, dan
(7) Perbekalan Tim Pencarian lengkap dan sumber daya untuk Lapangan Pencarian Pengendali ketika diminta;

b. Prosedur dan peralatan-
Operasi di Basis Dukungan akan kompleks, dan untuk memastikan berjalan denngan lancar dan efisien, berikut ini akan diperlukan:
(1) Dukungan prosedur dasar akan membutuhkan perawatan yang sama, peta dan sistem pengarsipan pesan pada Pencarian Lapangan Kantor Pusat. Sebuah mesin penyalinan dapat berguna untuk salinan tambahan peta dll
(2) Pemeliharaan sistem pencatatan sumber daya tertentu dari pentingnya.
(3) Rekaman masalah dan kembali dari toko dan peralatan.
(4) Rekaman semua personil yang ikut dalam pencarian seperti yang diarahkan oleh
Lapangan Pencarian Controller.
(5) Handal komunikasi antara Markas Pencarian Lapangan dan Markas Besar Cari.

c. Staf-
Pengawas Basis Dukungan harus berpengalaman penyelenggara dan memerlukan staf terlatih yang cukup untuk melakukan fungsi daerah ini.



TANGGUNG JAWAB PEMIMPIN TIM PENCARIAN

Pemimpin Pencarian

2,28 Tim bertanggung jawab untuk mengontrol, keamanan dan kesejahteraan semua anggota tim di bawah tanggungjawab mereka.

2,29 Team Leader Peencarian bertanggung jawab kepada Controller Pencarian Lapangan untuk:

a. memastikan bahwa dialokasikan pada daerah Pencarian benar dan seksama. Dimana hal ini tidak mungkin untuk alasan apapun, Ketua Tim Pencarian adalah memberikan saran Controller Pencarian Lapangan, dan

b. mengkoordinasikan upaya tim dengan orang-orang di daerah sekitarnya untuk memastikan bahwa pencarian selesai sampai perbatasan dan dengan spesialis pencarian kelompok yang lain yang mungkin beroperasi di daerah tersebut, seperti anjing atau kuda.



PEMIMPIN TIM

2,30 TUGAS DALAM OPERASI PENCARIAN

a. Sebelum Pencarian:
(1) Setibanya di Pusat Pencarian Lapangan, Ketua Tim harus melaporkan ke Controller Cari Lapangan dan mendaftarkan tim. Pendaftaran harus mencakup penyediaan daftar nama untuk semua anggota tim.

(2) Pastikan bahwa peralatan tim diperiksa dan setiap tambahan atau peralatan khusus diperoleh. Tugas ini dapat didelegasikan.

(3) Pastikan bahwa tim diberi makan sebelum memulai pencarian jika ini adalah tindakan yang paling tepat. Daftar cek yang disarankan untuk Pemimpin Tim tugas yang akan ditampilkan sebagai Lampiran ke bab ini.

b. Selama Pencarian :
(1) Catatan semua informasi yang berharga termasuk:
(a) fitur di tanah yang tidak ditandai pada peta;
(b) lokasi helipads mungkin;
(c) kondisi jalan dan akses, dan
(d) nama-nama semua orang yang ditemui.

(2) Memenuhi semua jadwal radio.

(3) Kontrol laju kemajuan tim.

(4) Mengontrol arah tim.

(5) Pertahankan trek atau tanda-tanda yang diyakini dibuat/ditinggalkan  oleh orang yang hilang.

(6) Menjaga hubungan dengan tim lain di daerah pencarian yang berdekatan.

(7) Istirahat tim pada saat yang tepat dan memutar tugas khusus atau berat beban di antara anggota tim.

(8) Beritahu Controller Pencarian Lapangan segera mengenai orang yang hilang, objek, atau petunjuk penting yang ditemukan.

c. Pada Penyelesaian Pencarian :
Pada titik ini ada sejumlah tugas yang harus dilakukan. Ini termasuk berikut:
(1) Check-in semua anggota tim dan menilai kondisi fisik mereka.
(2) Menutup radio.
(3) Lihat peralatan tim.
(4) Mengatur makanan dan minuman yang diperlukan.
(5) Melakukan menanyai menyeluruh dari tim dan mempertahankan tim di ditugaskan daerah dan menunggu tugas lebih lanjut.
(6) Menyediakan Controller Lapangan Pencarian dengan laporan pada penyelesaian tugas.
(7) Dimana tugas pencarian lebih lanjut dialokasikan, dapatkan informasi yang diperlukan dan efektifkan tim, segera membuat persiapan yang diperlukan untuk melaksanakan tugas tersebut.
(8) Dimana ada tugas lebih lanjut ditugaskan, menyarankan tim untuk pengaturan ulang dan timing.
(9) tugas Tim Delegasi untuk kembali ke home base.

2,31 DELEGASI
Daftar tugas untuk Pimpinan Tim sangat luas dan tidak perlu dilakukan oleh Team Leader pribadi. Tugas-tugas ini bisa didelegasikan untuk mengizinkan tindakan bersamaan. Delegasi bagaimanapun, tidak menghapus tanggung jawab dari Team Leader untuk memastikan bahwa tugas yang selesai.


RINGKASAN

2,32 Keberhasilan pencarian akan sangat tergantung pada perencanaan yang baik dan memadai mengontrol di lapangan. Hal ini didasarkan pada Controller Cari  apangan memiliki bebas tangan untuk menangani operasi lapangan, pada saat yang sama menerima maksimum  dukungan dari Panglima Cari.

2,33 Dalam situasi harus pencari tidak resmi diperbolehkan dalam pencarian area, dan setiap orang tidak mematuhi instruksi harus ditarik segera.


 Contoh:

A. BAGAN ORGANISASI PENCARIAN


SEACH
HEADQUARTER
SUPPORT
BASE
FIELD SEARCH
HEADSQUARTERS
ASSEMBLY
AREA
SEARCH
TEAMS
OTHER SEARCH
RESOURCES
 
  

















B. SEARCH TEAM LEADERS CHECK LIST


                                                                                                Tandai jika telah dilaksanakan
SEMUA PENCATATAN NAMA-NAMA...........................................................□
SEMUA PAKAIAN ANGGOTA YANG SESUAI...............................................□
PEMERIKSAAN PERALATAN.......................................................................□
PETA..........................................................................................................□
COMPASS..................................................................................................□
FREQUENSI RADIO....................................................................................□
TANDA PANGGILAN....................................................................................□
PEMERIKSAAN RADIO................................................................................□
JADWAL RADIO..........................................................................................□
AREA PENCARIAN-DIKETAHUI....................................................................□
PERINTAH PENCARIAN/TUGAS..................................................................□
TINDAKAN JIKA GAGAL..............................................................................□
PERSETUJUAN BIDANG SIGNAL................................................................□
BIDANG PEMERIKSAAN KELUAR DARI AREA PENCARIAN........................□




Diterjemahkan dari:
AUSTRALIAN EMERGENCY MANUALS SERIES/Skills for Emergency Services Personnel/LAND SEARCH OPERATIONS