Maret 10, 2012

Membuat Busur Panah



Busur berfungsi untuk melepaskan anak panah/arrow. Konon busur diciptakan pertama kali semenjak zaman pra-sejarah dan merupakan senjata paling muthakhir antara senjata terawal yang digunakan manusia. 


Menurut sejarah, busur dan panah merupakan senjata paling moden untuk berburu. Busur merupakan biang dari asal mula kemunculan serbuk letupan yang membawa kepada penciptaan senjata api seperti senapan dan pistol. busur memiliki banyak jenis, baik mengenai bahan, bentuk dan ukuran. 

Kita dapat mengetahui berbagai jenis busur seperti dari Amerika, Enggris, Mongolia, Jepang, Indonesia maupun tempat-tempat lainnya.

Busur memiliki beraneka ragam sebutan berdasarkan  bentuk, panjang, bahan, dan perbedaan inilah yang mempengaruhi perbedaan kekuatan busur dalam melontarkan anak panah. 

Busur dari Enggris biasa dikenal dengan Longbow, memiliki panjang sekitar 210cm, mampu melontarkan anak panah hingga sejauh 400 meter.

Busur dari Amerika biasa disebut Shortbow, memiliki panjang sekitar 180cm, mampu melontarkan anak panah hingga sejauh 275 meter.

Busur dari Mongolia biasa disebut Mongolianbow, memiliki panjang sekitar 175cm, mampu melontarkan anak panah hingga sejauh 250 meter.

Ada bentuk paling fenomenal adalah Primitive bow, panah paling kuno yang terbuat dari kayu tua, string/tali dibuat dari ekor kuda yang merupakan bahan terkuat. Primitive bow mampu melontaran anak panah hingga 200 meter. 

Refleks deflek bow, dibuat dari beberapa buah kayu yang dihubungkan secara sejajar dan diperkuat dengan lem. busur jenis ini merupakan jenis busur yang paling sulit dibuat.

Untuk busur modern, biasanya memiliki bahan dari campuran berbagai bahan,dari nilon, kayu, maupun bahan industrial lainnya seperti fiber. bentuk dari panah Modern ini biasanya dibuat dalam jenis recurvebow yang memiliki bentuk seperti panah sang krisna dalam cerita pewayangan. recurvebow merupakan jenis panah yang paling lama dibuat, karena untuk membentuk pola kayu yang diinginkan dapat menghabiskan waktu 6-12 bulan.

Busur dapat dibuat dari bahan alami seperti Kayu Oak, Jati, Mahoni, Jeruk, Pinus, Bambu, Rotan maupun tanaman keras lainnya. Busur juga dapat dibuat dari bahan-bahan industrial seperti Fiber, Paralon Pipa,dan lain-lain.


"Setiap bahan memiliki perbedaan, dan perbedaan ini yang menjadi karakter pada masing-masing busur"


Note: Busur dibuat untuk sebuah seni dan olahraga. Hindari kekerasan!!


Baca info lain mengenai:
Jenis Busur Panah
Membuat Tali busur