Maret 10, 2012

Anak Panah

Paling vital dalam berburu menggunakan senjata jarak jauh adalah pada alat yang melesat. kesalahan ukuran, bahan, dan bobot adalah inti dari gagalnya makan malam anda.

berikut akan saya bahas habis mengenai anak panah:


Mata panah/ head arrow/point:
dibuat dari benda yang kuat, keras ataupun dapat dipertajam. bahan tersebut dapat berupa tulang, kaca, batu, fiber ataupun besi. semakin tajam mata panah, maka belahan angin akan semakin mudah. berat point akan mempengaruhi lontaran anak panah.

Badan panah/Shaft:
dibuat dari bambu, rotan ataupun kayu. memiliki panjang hingga 60 cm. bahan shaft akan berpengaruh terhadap daya rusak, kecepatan dan keawetan shaft agar tetap lurus. diameter shaft mempengaruhi kecepatan lontaran dan daya rusak terhadap target.

Ekor panah/fletching:
dibuat dar bahan yang ringan, seperti bulu unggas, plastik, kertas maupun kain. memiliki panjang 25-38mm dan jarak antar fletch adalah 120 derajat dipasang sebanyak 3 buah tiap anak panah. panjang dan lebar fletch berpengaruh terhadap kecepatan, suara, dan stabilitas anak panah. fletch direkatkan dengan lem dan dilindungi dengan lilitan tali.

Pangkal panah/nock:
dibuat dari platik, fiber, ataupun langsung dari shaft. nock mempengaruhi lontaran, suara dan gesekan terhadap string.


kecepatan, kebisingan/suara dan daya rusak anak panah berdasarkan bahan,  berat, panjang, diameter dari masing bagian anak panah di atas. hal tersebut juga dipengaruhi oleh kualitas busur anda, arah angin, kelembaban dan suhu/cuaca.

Membuat anak panah bukan hal yang mudah, semua perlu proses dan selamat berolah raga.


Baca mengenai:
Jenis Busur Panah
Cara Membuat Busur Panah





sumber: google image