Juli 10, 2011

Vertical Rescue (4)


Menghentikan Penggunaan Tali

Ini masalah penting dalam mengambil keputusan masalah tali, akan dihancurkan atau akan dibenahi. Jika keputusan untuk di perbaiki yang dipilih, maka kedepannya pengawasan dan pengecekan rutin harus dilakukan, pengecekan akan dilakukan oleh savety officer.

Beberapa hal yang harus di perhatikan untuk mengamnbil keputusan  masalah penggunaan tali:
-lecet, ini adalah aturan umum. Jika dibiarkan terus menerus akan membuat tali dapat putus, apabila lecet tali yang ada lebih dari 25% dari diameter tali, jangan digunakan!
-beban, ketika diketahui bahwa tali memiliki perbedaan masalah kelenturan tudak wajar, atau tali mengalami kemuluran berlebih karena beban yang ada.
-kontaminasi, jika tali terkena kontaminasi, maka tali memiliki indikasi untuk rusak secara perlahan.
-diameter, tali dengan diameter tidak seimbang dan tidak wajat, maka tali melangkah pada kerusakan.
-mengembangnya  isi tali, jika tali putih pada tali terlihat karena menonjol.


Identifikasi.
Sistem pengidentifikasian untuk penghentian penggunaan tali di lihat dari catatan yang ada pada rope history card.


Tingkat kekuatan dan  keamanan besaran beban untuk tali.
Berikut tingkatan tali (khusus untuk tali sintetic fibre rescue), mengenai kekuatan dan keamanan tingkat beban berdasarkan standart Australia.




Mengemas/meringkas  tali

Mengemas tali agar ringkas dan mudah dibawa adalah salah satu dasar dalam vertical rescue.  Berikut beberapa teknik pengemasan yang dapat diketahui:

-colling/cara biasa, tali dengan panjang 50meter dapat digulung dengan sangat cepat dan diakhiri dengan  sebuah ikatan.

-hanking/ menggulung, ini efektif untuk  tali dengan panjang 50 meter atau dengan panjang sedang dapat lebih efektif untuk penggunaan double rope. Kumpulkan tali diawali dengan dua meter  atau panjang lengan penuh anda. Selanjutnya anda dapat melanjutkan dua meter dua meter selanjutnya.


-chaining/rantaian, ini merupakan teknik untuk memperlakukan tali  tanpa mempertimbangkan panjang tertentu. Membuat tali lebih ringkas untuk tujuan pengemasan tali. Chaining biasa di lakukan untuk pencucian tali pada mesin cuci ataupun untuk operasional pengemasan. Chaining dapat dilakukan terhadap tali single ataupun double, dan dilakukan pengulangan dengan cara yang sama.


-stuff sack , ini merupakan metode yang  digunakan untuk penyimpanan dan pengangkutan untuk semua  tali, tetapi khusus untuk tali dengan ukuran panjang. Dengan memasukkan tali kedalam kantung sederhana  atau pengemasan dengan cara diikat untuk memudahkan pengangkutan ke suatu tempat.


Pengangkutan tali.

Kantung tali akan lebih efektif jika kantung dengan besar pas dengan tali.  Pengangkutan tali dengan
Tehnik pengikatan hanked maupun colling dapat dilihat pada gambar berikut. Chained rope dapat diangkut dengan kantung atau di letakkan pada bahu.



Tali pengikat

Kernmantel dengan diameter kurang dari 9mm biasa digunakan  sebagai tali pengikat dan hal  ini umum digunakan dalam penggunaan konstruksi tali static. Ikatan yang kuat akan mempengaruhi kekuatan sistem yang dibuat. 

Bagaimanapun urutan perkiraan kekuatan tali biasanya dilihat dari ukuran seperti berikut:

-Diameter 6 mm, kekuatan  700-750kg
-Diameter 7 mm, kekuatan 1000-1200kg
-Diameter 8mm, kekuatan 1200-1500kg

Data di atas merupakan pengikatan  yang digunakan dalam vertical rescue yang digunakan seperti pada tali prusik, tali pengaman belay, kunci edge roller ataupun pada mat guy line/pengesat kaki.


Perlindungan
Penyebab kerusakan tali, penaggulangan dan perlindungannya:

Tubrukan, terjadi karena kejatuhan batu tepat pada tali, khusus untuk beban yang berlebih, hal ini dapat menyebabkan kerusakan yang serius. Hal yang perlu diperhatikan secara sungguh-sungguh untuk melindungi tali anda dari serangan seperti ini. jika terjadi kerusakan perbaiki atau pensiunkan tali anda, hal pertama yang dapat anda lakukan adalah memeriksanya dengan teliti.

Benda kasar/tajam, dalam berbagai kasus, hal seperti ini menyebabkan tali anda lecet, hal ini terjadi karena kurangnya kehati-hatian dalam menggunakan tali. Pencegahan dapat dilakukan dengan memberi pelindung pada sudut yang tajam dan gunakanlah  peralatan ascent yang pas dengan diameter tali anda.

Barang-barang dari besi, semua  peralatan yang terbuat dari besi dapat mengancam tali anda, managemen sistem dan managemen tali yang salah akan dapat membuat tali anda bekerja lebih keras. Lakukan pengecekan pada seluruh sistem dan manajemen tali dengan seksama, setiap suara yang timbul dengan tidak wajar merupakan ancaman, dan segera lakukan perbaikan.




Referensi : AEMS