Juni 26, 2011

SOS: Signal Bantuan (2)



Survive adalah  tujuan utama bagi survivor. Membuat signal bantuan adalah kemampuan yang harus dimiliki seorang survivor untuk lebih menunjang tujuan utamanya. Kemampuan ini harus dilatih dan disiapkan sebelum kondisi survival benar-benar terjadi.

Jika Anda tidak membawa ataupun kehilangan radio komunikasi dua arah, telepon seluler atau peluit dalam survival kit anda, maka anda harus menggunakan signal visual untuk mendapatkan bantuan.

Pada sesi ini kita akan membahas masalah kode pesan/huruf SOS dan juga mengenai signal tubuh yang dapat anda gunakan dalam survival.


Sesi ini merupakan sesi lanjutan. Jika anda belum membaca sesi pertama, pastikan anda membaca  SOS: signal bantuan (1) terlebih dahulu!


Penggunaan kode darurat hendaknya mengikuti prosedur yang telah dibahas pada sesi pertama, karena sebuah pelanggaran prosedur dapat membuat usaha anda sia-sia.

Penggunaan material yang tepat adalah sebuah kunci, dan sumberdaya akan menjadi penyebab untuk pengambilan keputusan mengenai tehnik mana yang tepat untuk anda gunakan. Kelengkapan survival kit anda menjadi kunci pokok keberhasilan signaling anda.

Berikut ini adalah kode darurat dari darat ke udara dalam bentuk huruf:



Berikut contoh penulisan dalam bentuk signal:
VX      berarti, Perlu diselamatkan dan membutuhkan bantuan medis
LLN    berarti, Semua negatif
FV      berarti, Perlu diselamatkan dan Perlu bahan makanan dan minuman.

Lakukan penulisan pesan anda menggunakan material yang berwarna kontras dengan warna lingkungan, agar pesan anda mudah dibaca. Pastikan pesan anda dapat dilihat dari beberapa titik di udara untuk itu tuliskan pada area terbuka dan tuliskan pesan anda berlawanan dengan pola geometris agar lebih mencolok.


_Teknik Signal Tubuh_
Teknik penggunaan signal tubuh hanya dapat dilakukan pada jarak tertentu. Tergantung jarak pandang dan keadaan cahaya yang tersedia. Signal  ini sangat baik untuk memberikan informasi dengan sangat tepat dan   cepat. Berikut beberapa gerakan signal tubuh yang dapat digunakan dalam memberikan informasi.






Respon pesawat*



Respon pesawat merupakan hal penting untuk anda  pahami, dengan mengetahui respon pesawat, anda dapat mengambil keputusan yang tepat mengenai apa yang harus anda lakukan selanjutnya. Jika anda tidak mampu membaca respon pesawat, anda tidak dapat mengetahi pilot pesawat telah memahami pesan anda atau belum, anda dapat saja salah dalam mengambil keputusan untuk apa yang harus segera anda lakukan. Bahkan anda dapat saja kehilangan waktu.

Beberapa hal yang akan dilakukan pilot pesawat sebagai respons atas signaling yang anda berikan adalah menggerakkan badan pesawat, pola terbang pesawat atau memberikan kedipan lampu signal pesawat. Berikut penjelasannya: 

_Jika signal anda diterima dan dipahami:


Respon pilot pesawat adalah pilot akan membuat pesawat terbang dengan menggoyangkan sayap (pada siang hari atau cahaya bulan) atau akan membuat lampu signal berkedip dengan warna hijau (pada malam hari).  
_Jika signal anda diterima namun tidak dipahami
  
Respon pilot pesawat adalah pilot akan membuat pesawat terbang dengan lingkaran lengkap (pada siang hari atau cahaya bulan) atau akan membuat lampu signal berkedip dengan warna merah (saat malam) 


_Teknik Signal Panel_ 

Tehnik signal panel dapat anda gunakan sebagai signal bantuan di darat ataupun di laut. Signal panel hanya akan dibahas pada sesi “SOS: Signal Bantuan (3)”.




NB:______________________________
_tiga titik api, tiga blip senter, tiga tiupan peluit, tiga buah ledakan, maupun signal lainnya. Semua signal yang diberikan sebanyak tiga kali merupakan signal yang berarti meminta bantuan, dan hal ini sudah diakui secara internasional.


_Untuk mengirimkan signal bantuan, lakukan pada waktu pagi hingga siang hari, waktu tersebut merupakan waktu yang paling baik, karena tim pencari akan memulai setiap pencarian pada pagi hari dan menunda pencarian pada sore hari.

_Mengenai Survival kit, dapat anda baca pada info (GRATIS) dari saya yang berjudul, “Survival Kit Standart”._Gunakan kesempatan anda sebaik mungkin.


Refrensi: 
_ US army -Chapter 19-Signaling techniques
_Wilderness-Survival-Skills- signaling for help
_Basegear/signaling help