Juni 26, 2011

SOS: Signal Bantuan (1)





_*Signal_

Survive adalah  tujuan utama bagi survivor. Membuat signal bantuan adalah kemampuan yang harus dimiliki seorang survivor untuk lebih menunjang tujuan utamanya. Kemampuan ini harus dilatih dan disiapkan sebelum kondisi survival benar-benar terjadi.

Jika Anda tidak membawa ataupun kehilangan radio komunikasi dua arah, telepon seluler atau peluit, dalam survival kit anda, maka anda harus menggunakan signal visual untuk mendapatkan bantuan. Tergantung pada situasi yang anda hadapi dan materi yang telah anda miliki, Anda dapat menggunakan beberapa teknik signal bantuan yang dapat anda gunakan.

Berikut Teknik signal visual yang akan di bahas dalam SOS: Signal Bantuan pada sesi 1, sesi 2, sesi 3:

_Teknik Signal kebakaran_
_Teknik Signal Cermin atau Objek Shiny_
_Teknik Signal Senter_
_Teknik Signal Busana_
_Teknik Signal Bahan Alam_
_Teknik Signal Tubuh_
_Teknik Signal Panel_


_*Signal Visual_

Untuk menempatkan signal bantuan anda dapat memilih pada daerah yang terbuka, di atas bukit/daerah yang lebih tinggi, ataupun di tepian danau. Pastikan anda berada pada daerah yang merupakan zona pencarian para tim penyelamat.
 Jika lokasi anda lebih tinggi dari tempat lain ataupun daerah terbuka, maka jangkauan untuk dilihatnya signal visual anda memiliki harapan untuk berhasil dengan prosentase besar untuk dapat dilihat oleh tim pencari maupun tim penyelamat. Baik pencarian dari udara maupun dari daratan.


_*Signal SOS_

SOS (Save Our Souls) adalah signal marabahaya paling dikenal internasional. Setiap orang harus akrab dengan SOS. Signal SOS dapat ditularkan oleh metode, visual atau audio. 

Kode SOS adalah:  3 pendek,  3 panjang  dan 3  signal  pendek.  Jeda  dan  Ulangi signal.






Signal SOS dapat dibangun sebagai dasar untuk signal udara dengan batu dan kayu, atau apa pun materi yang anda miliki maupun dengan mengumpulkanya dari lingkungan anda ketika survive. 

Pada malam hari Anda dapat menggunakan lampu senter atau lampu sorot untuk mengirim SOS. Pada siang hari, Anda dapat menggunakan signal cermin. Jika sulit untuk menghasilkan signal panjang dan pendek, Anda harus tahu bahwa hampir signal apapun diulang tiga kali akan berfungsi sebagai signal SOS. 

Gunakan imajinasi anda dalam membuat signal SOS tersebut. Signal yang tepat dapat berarti perbedaan antara  yang harus diselamatkan dan yang tersisa dalam keadaan hidup.



Survival kit yang baik
dapat sangat membantu dalam melaksanakan teknik signaling berikut:

_Teknik Signal kebakaran_

Signal bantuan yang paling mencolok adalah signal api Anda. Hal ini mudah dilihat di malam hari. Pada siang hari, asap dari api Anda dapat dilihat beberapa kilo meter jauhnya. 

Membangun tiga kebakaran dengan pola segitiga atau dalam pola garis lurus, dengan jarak sekitar 30 m antar api. Tiga kebakaran merupakan tanda bahaya yang diakui secara internasional.


           
Teknik Signal kebakaran sendiri mampu menghasilkan dua buah teknik signal, yaitu Teknik signal Api dan Teknik Signal Asap. Berikut bagian detailnya:

       _Teknik Signal Api*



    Signal api merupakan signal paling efektif selama kegelapan. Membangun tiga kebakaran dalam formasi segitiga (signal marabahaya internasional). Membangun api secara alami atau buatan pada daerah terbuka untuk menghindari terjadinya kebakaran hutan. 

Pembakaran pohon juga akan menarik perhatian, tetapi sangat berbahaya, karena dapat memicu sebuah kebakaran hutan. Membakar pohon hanya sebagai teknik signaling terakhir! 

Jika Anda memutuskan untuk membakar pohon, selalu pilih sebuah pohon yang terpisah dari pohon lainnya, dan pastikan pohon tersebut  lebih dekat dengan sumber air.

       _Teknik Signal Asap*


Efektif digunakan pada siang hari. Buat tiga kolom asap dengan pola segitiga atau gari lurus. Buat asap putih dengan latar belakang gelap atau buat asap hitam untuk latar belakang yang terang/cerah.

Untuk membuat asap putih, timbun api dengan daun hijau, lumut ataupun bahan yang mengandung air. 


Untuk membuat asap hitam, anda dapat menambah karet atau kain direndam minyak ke api anda juga dapat menggunakan getah pohon damar untuk mendapatkan asap yang hitam.



_Teknik Signal Cermin atau Objek Shiny_

Terbaik pada hari yang cerah. Cermin signal dapat dilihat lebih dari 100 km dalam kondisi normal dalam lingkungan yang cerah.
Pada hari yang cerah, cermin maupun objek shiny/benda yang mampu memantulkan cahaya dapat menjadi perangkat isyarat yang baik. Setiap objek mengkilap bisa anda dapatkan dengan cara memoles cangkir, gelas, ikat pinggang gesper atau benda serupa yang akan memantulkan sinar matahari. 
Periksa survival kit  anda, apakah anda memiliki benda yang dapat memantulkan cahaya matahari??

_Teknik Signal Senter_

Signal Senter adalah tehnik yang cukup baik untuk digunakan malam hari. Gunakan senter untuk mengirim signal SOS (tiga blip singkat diikuti dengan tiga blip panjang)
 
_Teknik Signal Busana_

Gunakan pakaian anda untuk diletak-letakkan  di tanah atau di atas pohon. Sedapat mungkin gunakan warna-warna cerah jika memungkinkan. Mengatur pakaian dalam pola geometris tidak wajar untuk membedakan pakaian anda dengan lingkungan sekitar.
 
_Teknik Signal Bahan Alam_

Gunakan bahan-bahan alami untuk mengeja sebuah kode SOS. Gunakan vegetasi untuk membentuk huruf dengan bahan yang kontras seperti ranting atau kotoran seperti di atas pasir. Untuk daerah tertutup, lakukan pemotongan pola vegetasi. Dalam tundra, menggali parit atau membalik rerumputan untuk membuat kode dalam bentuk tulisan. Sebagai aturan umum, gunakan bahan untuk menghasilkan warna yang kontras dengan latar belakang atau lingkungan.


_Teknik Signal Tubuh_

Teknik penggunaan signal tubuh hanya dapat dilakukan pada jarak tertentu. Tergantung jarak pandang dan keadaan cahaya yang tersedia. Signal ini sangat baik untuk memberikan informasi dengan sangat tepat dan cepat.  

_Merentangkan kedua tangan dengan berdiri tegap, berarti: Memerlukan bantuan medis, dengan waktu yang masih dapat di tunggu. 

_Membaringkan badan dengan kedua tangan diangkat lurus sejajar dengan tubuh, berarti : Memerlukan bantuan medis segera!

*Untuk detail Signal Tubuh dapat anda perdalam pada, “SOS: Signal Bantuan (2)”.

 
NB:______________________________

_Tiga titik api, tiga blip senter, tiga tiupan peluit, tiga buah ledakan, maupun signal lainnya. Semua signal yang diberikan sebanyak tiga kali merupakan signal yang berarti meminta bantuan, dan hal ini sudah diakui secara internasional.

_Untuk mengirimkan signal bantuan, lakukan pada waktu pagi hingga siang hari, waktu tersebut merupakan waktu yang paling baik, karena tim pencari akan memulai setiap pencarian pada pagi hari dan menunda pencarian pada sore hari.

_Mengenai Survival kit, dapat anda baca pada info (GRATIS) dari saya yang berjudul, “Survival Kit Standart”.







Refrensi:  _ US army - Chapter 19- Signaling techniques
_Wilderness-Survival-Skill-signaling for help
_Basegear/signaling help