Juni 19, 2011

Peralatan Panjat Tebing



Selain informasi tentang medan panjat, survey lapangan hendaknya dilakukan lebih awal. Peralatan yang akan digunakan hendaknya disiapkan dengan baik, sesuai dengan hasil survey yang dilakukan. Lakukan pemeriksaan peralatan terbaik dengan ceck list yang  terbaik pula. Perlu dilaksanakan dengan sempurna karena kurangnya sebuah peralatan, pemahaman mengenai pemakaian peralatan maupun cara perawatan peralatan akan mempengaruhi hasil suatu pemanjatan atau bahkan gagalnya suatu pemanjatan.

Berikut beberapa peralatan dasar yang hendaknya dipahami oleh pemanjat tebing pemula. 


Helmet
Helmet pada pemanjatan tebing berfungsi kurang lebih sama dengan helmet lainnya yaitu untuk melindungi kepala dari benturan.

Carnmantle
Carnmantle merupakan peralatan pengaman utama bagi pemanjat dari kejatuhan dengan jarak ketinggian tertentu. Panjang Carnmantle rata-rata adalah 50 meter.


Shoes/sepatu
Shoes untuk panjat tebing maupun panjat dinding memiliki kesamaan fungsi, yaitu untuk membantu kaki pemanjat berpijak pada permukaan rata dan melindungi kaki dari tusukan  tajamnya bebatuan maupun gesekan bebatuan yang kasar.

Magnesium bag
Magnesium bag merupakan sebuah tas kantung untuk menampung bubuk magnesium yang membantu pemanjat mengurangi basah pada telapak tangan ketika melakukan pemanjatan, sehingga dapat membuat pegangan pemanjat tetap stabil.


Sling
Sling sangat bermanfaat pada panjat tebing maupun panjat dinding, sling dapat digunakan sebagai runners, back up maupun menjadi bagian pengaman lainnya. Sling dibagi menjadi dua macam, sling prusik dan sling webbing, untuk panjang dan diameter sling memiliki banyak variasi.


Body harness
Body harness merupakan peralatan panjat yang dikenakan pada tubuh. Body harness biasa digunakan untuk rescue dan flying fox . body harness membantu penggunanya untuk tetap dalam posisi duduk.


Seat harness
Seat harnes merupakan peralatan yang dikenakan oleh pemanjat untuk di kenakan pada pinggang dan memiliki banyak fungsi. seperti,mengaitkan body pemanjat pada tali pengaman. benda ini juga merupakan tempat dimana alat-alat panjat seperti piton, sling, carabiner, chock , maupun peralatan lain yang dibutuhkan.


Gloves/sarung tangan
Gloves akan melindungi tangan bagi belayer ketika mengamankan pemanjat maupun  rapler dari bahaya gesekan telapak tangan dengan  tali pengaman.



Hammer
Hammer sangat dibutuhkan untuk pemasangan pengaman buatan berupa piton pada panjat tebing, cara membawa hammer  akan lebih mudah bagi pemanjat jika tali pada hammer disilangkan pada bahu pemanjat.


Carabiners
Carabiners  diciptakan untuk menggabungkan berbagai jenis peralatan. Carabiners  memiliki banyak bentuk dan variasi, umumnya carabiners dibagi menjadi dua jenis, yaitu carabiner  non screw gate dan carabiner screw gate. Carabiners  biasa dihubungkan pada tali maupun pengaman untuk pemanjatan, carabiner sangat kuat karena sebuah nyawa disandarkan pada carabiner ketika dilakukan suatu pemanjatan dari bahaya jatuhnya pemanjat dari ketinggian. Perlu diketahui bahwa setiap jenis carabiner memiliki keunggulan dan kelemahan. untuk lebih jelasnya dapat anda baca pada salah satu tulisan saya yang berjudul “carabiner(1)”.
 Quick draw/runner
Quick draw/runner merupakan gabungan antara prusik dan dua buah carabiner. Biasanya digunakan untuk menjadi bagian penyambung antara chocks, friends, tricams, bolts ataupun pitons terhadap tali carnmantel.


Hand ascender
Hand ascender merupakan peralatan yang digunakan untuk membantu pemanjat dalam menaiki tebing dan bertumpu pada bantuan tali, secara otomatis hand ascender  maupun jenis ascender lainnya akan mencatut tali jika diberi beban dan akan mudah digeser jika tidak memiiki beban.


Ascender handle
Ascender handle juga merupakan jenis ascender. Ascender handle merupakan pengembangan dari  hand ascender dengan fungsi yang dimiliki kurang lebih sama.



Rigger plate
Rigger plate berfungsi sebagai plat conector dari anchor point ke lintasan, karena dalam beberapa kasus dibutuhkan beberapa lintasan dalam satu (1) anchor point fix. Rigger plate terdiri dari sebuah plat yang memiliki beberapa lubang, yang dapat ditempati oleh lebih dari 2 pengaman.

Edge rollers
Edge Rollers Merupakan rope protector/pelindung tali  yang didesign untuk mencegah terjadinya friksi/gesekan antara tali dengan sudut bidang, dinding batu, dan sebagainya.



Padding
Padding berfungsi untuk memberi perlindungan pada tali dari gesekan benda tajam, seperti gesekan tali dengan sudut tebing, dinding,dll. Padding terbuat dari bahan terpal, canvas, matras, karet tebal yang tahan terhadap gesekan.



Cams/ friends/ spring loaded camming device (SLCD)
Friends merupakan salah satu jenis pengaman sisip yang digunakan dalam panjat tebing, anda dapat menarik tuas baja yang membuat bagian ujung friends menyempit dan melepaskannya pada celah yang diinginkan. Friends sangat fleksibel, karena dapat digunakan pada berbagai ukuran celah/rongga.



Pitons
Pitons merupakan pengaman yang ditancapkan pada rongga-rongga tebing, piton memiliki empat jenis yaitu Bongs, Bugaboons, Knife-blades dan Angle.



Chock friends /tapered wedges/nuts
Nuts/Chock friends merupakan jenis pengaman sisip yang dimana cara penggunaannya dengan menyelipkan nuts pada sebuah rekahan yang sesuai. Nuts/Chock friends memiliki ukuran yang berbeda-beda untuk itu nuts biasanya tersedia dalam set.


Hexes/chock hexentris
Hexes memiliki fungsi yang sama dengan nuts tetapi hexes berbentuk tabung segi enam. Hexes tetap memiliki kekuatan yang baik walaupun agak sulit dalam penggunaannya. Hexes tersedia dalam beberapa ukuran.


Tricams
Tricams merupakan pengaman sisip selanjutnya. walaupun berbeda bentuk, tetapi fungsinya sama dengan nuts dan hexes. Pemakaiannya relatif sulit, tidak dianjurkan dipakai untuk pemula.



 Figure of eight
Figure of eight  termasuk salah satu Descender adalah alat bantu yang digunakan untuk menuruni medan vertical dan tali sebagai jalur. Bentuknya menyerupai angka 8, ukuran dan bentuknya bermacam-macam, rate strange 3000 kg., menggunakan alat ini menyebabkan puntiran pada tali salah satu kelemahan alat ini ketika digunakan.



* Grigri.
Grigri juga termasuk salah satu Descender, gigri  adalah alat bantu yang digunakan untuk menuruni medan vertical dan tali sebagai jalur berfungsi sebagai alat belaying  dan descender. Dilengkapi dengan handle release untuk mengontrol kecepatan belaying maupun descending. Dilengkapi dengan handel agar pengguna dapat mengontrol kecepatan saat descending, dan mengunci automatis saat handel dilepaskan. Sebagai belay device, grigri dapat dengan mudah digunakan, karena pengguna dapat dengan cepat me-release ataupun menarik apabila dibutuhkan. Selain itu alat ini dapat juga digunakan untuk ascending dengan tambahan kombinasi ascender.


Autostop
Autostop berfungsi sebagai desender dan ini di-design untuk pengereman automatis, system kerja pengereman automatis akan bekerja ketika handle kita lepaskan. Selain itu alat ini dapat juga digunakan sebagai alat belay (belay device) untuk menurunkan korban dari ketinggian, atau dapat juga kita gunakan untuk ascending dengan tambahan kombinasi ascender.





Jumlah setiap peralatan yang digunakan akan dipengaruhi  oleh jumlah pemanjat, tehnik pemanjatan maupun medan pemanjatan. Macam peralatan akan dipengaruhi oleh kesiapan pemanjat, baik kemampuan maupun antisipasinya. 

*Untuk pemanjat pemula sebaiknya tetap memasukkan vertical rescue dalam daftar list yang wajib dibawa. Setiap pemanjatan bagi pemula harus mengajak seseorang yang benar-benar memahami bagaimana mempersiapkan, melaksanakan, menyelesaikan pemanjatan hingga melakukan vertical rescue. 




*Gambar diambil dari google picture.