Juni 19, 2011

Carabiners (2)

Carabiners merupakan peralatan paling vital pada kegiatan yang berhubungan dengan ketinggian. Untuk pemanjatan, baik untuk pemanjatan dinding maupun pemanjatan tebing. Untuk perbaikan, baik itu perbaikan gedung ataupun jembatan. Untuk pembuatan, baik itu pembuatan tower maupun gedung pencakar langit. Dengan tingginya resiko jatuh dari ketinggian itulah, carabiners diciptakan.  

Carabiners dibagi menjadi 2 macam, carabiners non scew gates dan carabiners screw gates. Yang termasuk carabiners non screw gates adalah: Straight gate biners, Bent gate biners, Wire gate biners, Carabiner oval, Pear biners dan Offset D. Carabiner screw gates di bedakan menjadi dua yaitu: Twist lock biners mechanism dan Screw lock biners mechanism. 
“Bagian” carabiners_Berikut gambaran mengenai bagian umum carabiners:


 
---------------------------------------------------------------------------
“Kekuatan” Carabiners_ 
Carabiners  diciptakan untuk menahan beban dengan pintu tuas/gate yang tertutup.  Semua carabiners dibuat untuk menahan beban yang berat dan carabiners memiliki kekuatan yang cukup untuk sebuah pemanjatan yang normal. Beda permasalahan jika carabiners dipaksa untuk menahan beban diluar kemampuannya, menggunakan dengan tidak benar, kesalahan perawatan  maupun jika gate-nya terbuka ketika digunakan. 
---------------------------------------------------------------------------
Gate carabiners “Dapat rusak”_ 
Jatuhnya pemanjat dari puncak ketinggian yang disebabkan oleh carabiners adalah ketika secara kebetulan gate carabiners terbuka/rusak karena getaran ataupun karena terbentur benda lain. Kesalahan dalam memilih jenis carabiners dan ketika menggunakan carabiners ketika pemanjatan, Kesalahan perawatan juga dapat menyebabkan kerusakan yang perlu dikhawatirkan. Umur Carabiners akan mempengaruhi kwalitas pegas pada bagian gate carabiners,  maupun bahaya dari rusaknya rivet pin yang tidak disadari.
Ada berbagai cara untuk menanggulangi hal yang tidak diinginkan. Lindungi diri anda dengan memilih type carabiners yang terbaik. Pilihlah Carabiners dengan kuncian gate yang kuat, perawatan terbaik, seleksi carabiners, dan pastikan anda menggunakan Carabiners  anda dengan tepat dan sesuai aturan/petunjuk, jenis carabiners juga akan sangat berpengaruh terhadap mudah atau tidaknya sebuah carabiners digunakan. 
---------------------------------------------------------------------------
“Ukuran” Carabiners_ 
Carabiners memiliki berbagai jenis ukuran. Carabiners dengan ukuran besar merupakan salah satunya. Carabiners dengan ukuran besar identik untuk lebih mudah dikendalikan, memiliki pintu tuas yang luas dan mampu menahan beban lebih di dalamnya. Carabiners dengan ukuran besar cenderung digunakan untuk keperluan belaying maupun rapling.  Untuk carabiners dengan ukuran kecil memiliki ruang yang sempit sehingga memiliki keterbatasan. 
---------------------------------------------------------------------------
Gunakan “Perasaanmu”_ 
Tidak perlu bingung menentukan Carabiners mana yang akan anda pilih, apakah itu warna ataupun model carabiners, sedikit contoh:Pilihlah Carabiners yang sesuai dengan kebutuhan anda. Pilihlah Carabiners yang terasa “pas” di tangan anda, pilihlah Carabiners yang mudah ketika anda lakukan kuncian maupun membuka kuncian, pastikan Carabiners itu mampu bekerja dengan baik dan dalam kondisi yang baik. Lakukan sedikit simulasi dalam beberapa menit dengan membuka maupun menutup gate Carabiners dengan “satu tangan” saja, apakah anda merasa nyaman, mantap dan merasa yakin dengan Carabiners pilihan anda? Jika benar, anda akan dapat menggunakannya dengan baik. 
---------------------------------------------------------------------------
“Seleksi” Carabiners_ 
Periksa setiap bagian Carabiners anda dari adanya goresan, retakan, keausan, keropos, ataupun benda lain yang menempel. Sebuah retakan kecil akan dapat menghilangkan kekuatan Carabiners anda lebih dari 50%._Periksa apakah gate Carabiners anda mudah untuk dibuka maupun ditutup, pastikan semua sistem penguncian dalam kondisi baik dan utuh.
Pastikan tidak terdapat karat maupun hilang atau rusaknya bagian dari Carabiners anda.Jika Carabiners anda tidak mampu memenuhi kriteria pemeriksaan di atas, anda dapat segera tidak menggunakannya dan hancurkanlah. Jangan pernah menjatuhan carabiners anda, jika sebuah carabiners pernah jatuh, jangan pernah lagi menggunakannya. 
---------------------------------------------------------------------------
“Merawat” Carabiners_ 
Untuk merawat Carabiners anda, selalu pastikan Carabiners anda dalam kondisi yang bersih dan bebas dari karat. Jika anda mengiginkan Carabiners anda tetap baik, cuci dengan air hangat, air sabun, bersihkan dengan seksama, lumasi dengan pelumas pada area sekitar gate, spring, rivet pin, maupun pada locking sleeve
Kemudian bersihkan seluruh pelumasnya.  jangan meletakkan Carabiners anda pada tempat lembab ataupun pada tempat yang mengandung uap air garam, peralatan atau pakaian, atau-pun benda-benda kimia  yang bersifat korosif.
---------------------------------------------------------------------------
Ingin kembali membaca Carabiners (1)