Juni 19, 2011

Carabiners (1)


Carabiners  diciptakan untuk menggabungkan berbagai jenis peralatan. Carabiners  memiliki banyak bentuk dan variasi, umumnya carabiners dibagi menjadi dua jenis, yaitu carabiner non screw gate dan carabiner screw gate. Carabiners biasa dihubungkan pada tali maupun pengaman untuk pemanjatan, carabiners sangat kuat karena sebuah nyawa disandarkan pada carabiners ketika dilakukan suatu pemanjatan dari bahaya jatuhnya pemanjat dari ketinggian.
Berikut beberapa karakter Carabiners yang wajib anda ketahui;
-----------------------------------------------------------------------
Carabiner oval merupakan betuk yang original.  Carabiner oval mampu digunakan pada berbagai jenis gabungan peralatan dan dapat dengan mudah untuk berbagai pilihan penggunaan. Carabiner oval mampu memberikan kemudahan lebih dengan bentukan yang sama pada kedua sisinya.
-----------------------------------------------------------------------
Wire gate biners/carabiner kunci kawat dibuat dengan lengkungan kawat dengan bahan stainless steel sebagai  gate-nya. Dengan mekanisme per’ yang berada pada pangkal/poros tuas pembukanya, sehingga hal ini memperkuat gate carabiners ini ketika menutup, mengurangi beban yng berlebih pada bagian pintu pembuka dan Wire gate biners di-designs untuk ruang  yang lebih longgar ketika carabiners ini dibuka.
meskipun wire gate biners tidak memiliki kekuatan yang sama dengan karakter gate carabiners yang lainnya, tetapi wire gate biners tetap memiliki keunggulan, yaitu kemudahan untuk dibuka dan luas ruang yang dimilikinya.
-----------------------------------------------------------------------
 
Carabiners bentuk D  diciptakan dengan bentuk yang berbeda pada bagian pungung yang lebih panjang dari pada bagian tuas kuncinya. Carabiners bentuk D memiliki kekuatan yang lebih besar dari pada carabiners oval walaupun dengan ukuran dan bahan yang sama. Persamaan antara carabiners bentuk D dengan carabiners oval adalah pada bagian tuasnya saja.
-----------------------------------------------------------------------
Asymmetrical “D” shapes/asimetrik bentuk D memiliki bentuk yang sama dengan carabiner bentuk “D”. asimetrik bentuk “D” secara umum dapat diketahui dengan panjang tuas kunci yang lebih besar, sehingga mudah untuk dibuka maupun dikunci.  Sayangnya, carabiner asimetrik bentuk “D” tidak memiliki banyak ruang dalam penggunaannya.
-----------------------------------------------------------------------
Straight gates biner/Carabiner kunci lurus ini memiliki bentuk yang biasa saja. carabiner kunci lurus memiliki tuas kunci yang sangat baik dari pangkal tuas hingga ujungnya. Seperti carabiner tipe lainnya, carabiner kunci lurus mampu dengan mudah dibuka ketika di tekan dan akan menutup secara otomatis ketika dilepaskan.
----------------------------------------------------------------------- 
Bent gate biners  diciptakan bukan untuk memiliki kekuatan besar dan hanya untuk menopang beban yang rendah saja. Bent gate biners memiliki tuas yang dengan mudah dibuka maupun ditutup.
NB: Carabiners jenis ini hanya boleh digunakan pada runner terakhir, itupun setelah  tali anda dikunci dengan pengaman. JANGAN PERNAH MENGGUNAKAN BENT GATE BINERS SEBAGAI “PENGAMAN” DEMI KESELAMATAN PEMANJAT!
-----------------------------------------------------------------------
Locking biners/Carabiner screw adalah carabiners  yang memiliki kunci pada tuasnya setelah tuas tertutup. Carabiner screw sangat tepat digunakan sebagai sebuah pengaman, walaupun hanya dengan satu buah saja. Sangat tepat digunakan pada harnes, pengaman maupun belaying.
 Carabiner screw gates  biasanya berbentuk oval, bentuk D, asimetrik, maupun bentuk yang lainnya. Carabiner screw memiliki dua jenis kunci, dimana ada Carabiner screw gates yang harus dikunci secara manual (Screw-lock). Dalam penggunaanya, screw lock membutuhkan banyak waktu. Untuk carabiner screw gates yang dapat secara otomatis mengunci dengan sendirinya ketika tuas carabiners  ini tertutup (Twist-lock), yang memerlukan waktu lebih sedikit dalam penggunaannya.

Sedikit petunjuk mengenai Carabiners akan mempengaruhi bagaimana anda memperlakukan Carabiners anda. Perbedaan style Carabiners  akan memiliki fungsi yang berbeda pula. Jika anda ingin tahu lebih lanjut, anda dapat menghubungi instruktur pemanjat anda atau bertanya secara detail kepada sang penjual sebelum anda memutuskan untuk membeli Carabiners. Pastikan jenis Carabiners apa yang akan anda pilih dan gunakan sebelum pemanjatan dilaksanakan, karena perbedaan jenis Carabiners akan berdampak pada keselamatan anda sendiri.
---------------------------------------------------------------------
Mengenai “bagaimana memperlakukan carabiners anda”, anda dapat membacanya pada tulisan saya yang berjudul,  Carabiners (2). Sebagai lanjutan dari sesi ini.

Seluruh gambar diambil dari google picture.